Pages

Home » » Doa Rasulullah di Akhir Ramadhan yang Shahih

Doa Rasulullah di Akhir Ramadhan yang Shahih

Doa Rasulullah di Akhir Ramadhan yang Shahih

Ramadhan adalah bulan doa. Maka jagan lewatkan momentum ini untuk berdoa. Semua yang anda harapkan untuk kehidupan anda segera mintakan itu kepada Allah. Berdialoglah denganNya melalui munajt-munajat anda. Baca juga Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan Tulisan Latin.

Sesungguhnya anda boleh berdoa dengan doa yang anda ungkapkan baik secara umum maupun khusus. Misalnya yang umum anda mengucapkan Hasbunallahu wani'mal wakil, laa haula walaa quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim, subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallahu, Allahu Akbar, dan bacaan doa lainnya.

Doa Rasulullah di Akhir Ramadhan yang Shahih
Contoh doa yang umum mislanya "Rabbanaa aatinaa fiddun-ya hasanah, wafil-aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaabannaar. Adapun yang khusus misalnya: "Yaa Allah, terima kasih Engkau telah memberikan aku motor, Engkau Maha Kuasa untuk memberikan mobil mewah untukku dan keluargaku, serta para ulama untuk berdakwah."

Doa lainnya misalnya: "Ya Allah, terima kasih Engkau telah memberikan mertua yang baik hati hingga kami dibolehkan menumpang, Engkau maha kuasa memberiku rumah mewah dua lantai untukku dan keluarga, dan lantai dua itu ingin aku jadikan tempat mengaji."

Anda juga bisa berdoa dengan doa ini: "Ya Allah, terima kasih telah memberiku hidayah hingga bisa datang ke rumahMu untuk berdzikir dan meninggikan asmaMu, berikanlah aku rumah sakit, rumah jompo, panti asuhan, untuk orang-orang yang membutuhkanku"

Doa anda bisa anda panjangkan dengan ungkapan doa misalnya doa ini: "Ya Allah, terima kasih Engkau telah memberiku gaji 1,5 juta per bulan, Engkau maha mampu memberiku 1,5 milyar per bulan."

Doa anda yang ingin berubah nasibnya misalnya, "Ya Allah, terima kasih Engkau memberiku makanan, Engkau Maha Mampu merubah nasibku dari mustahiq zakat menjadi muzakki zakat milyaran rupiah per tahun, dan berinfaq milyaran rupiah setiap bulan."

Amiiin ....
Doa Rasulullah di Akhir Ramadhan yang Shahih
Namun demikian, tentu doa Rasulullah saw atau yang diajarkannya adalah doa yang terbaik. Anda sudah tahu doanya. Kami mendapati dalam kitabnya Ibnu Rajab Al-Hanbali yang berjudul Lathaaif Al-Ma'aarif Fiimaa Limawaasiim Al-'Aam Wa Al-Wazhaa-if,  dalam kitab ini kami mendapati keterangan sebagai berikut:
A-'isyah bertanya kepada Nabi Muhammad saw., "Bagaimana pendapat Engkau bila saya mendapati Lailah Al-Qadr, apa yang mesti saya baca? Rasulullah saw. menjawab: Bacalah Allaahumma innaka 'afuwwun kariimun tuhibbu al-'afwa fa'fu 'anni.
Dalama Bahasa Arab keterangan ini ditulis sebagai berikut:

قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَرَأَيْتَ إِنْ وَافَقْتُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ مَا أَقُوْلُ فِيْهَا؟

 قَالَ: قُوْلِيْ (اَللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ).

Dalam keterangan ada lafazh doa yang diajarkan Rasulullah saw. sebagai berikut:

اَللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ
Artinya:
Ya Allah sesungguhnya Engkau maha pemaaf dan maha penyantun, Engkau mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku.
Mari di akhir Ramadhan kita memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah. Ia masih menutupi aib kita dan masih memberi rezeki sementara dosa kita terus menumpuk. SEmoga kita mendapati Ramadhan tahu berikutnya. Amin

0 komentar:

Posting Komentar